Aplikasi Sms Gateway di Android

aplikasi sms gateway di android
assalamualaikum.. kembali lagi diartikel saya kali ini  yang akan membahas tentang aplikasi sms gateway di android. jadi kali ini saya akan membahas tentang aplikasi nya yang ada di android. tapi sebelum saya membahas lebih lanjut tentang aplikasi sms gateway, saya akan memberi sedikit penjelasan mengenai sms gateway.

 SMS gateway adalah sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim juga menerima SMS, dan biasanya digunakan pada aplikasi bisnis, baik untuk kepentingan broadcast promosi (Bulk SMS), servis informasi terhadap pengguna, penyebaran content produk/jasa dan lain lain.

mengirim sms gateway ini bisa dengan perangkat lunak software sms atau bisa juga dengan aplikasi yang ada di android.kali ini yang akan saya bahas adalah tentang aplikasi sms di android.sebenarnya ada beberapa macam aplikasi di android yang bisa membangun sms gateway namun banyak sekali kekurangannya.Kini, ada alternatif untuk membangun SMS gateway dengan mudah dan murah. Ialah menggunakan layanan SMSGateway.me.

Apa Itu SMSGateway.me?
SMSGateway.me memungkinkan kita untuk mengirim dan menerima SMS secara programmatically (dari aplikasi) dan menjadikan smartphone Android kita sebagai perangkatnya.
Syaratnya tidak ribet, cukup instal aplikasi SMSGateway.me di Android, pastikan pulsa untuk mengirim SMS mencukupi, serta smartphone dalam keadaan menyala saat digunakan.

Alur kerja untuk mengirim SMS adalah sebagai berikut:

  • Aplikasi mengirim SMS secara programmatically ke server SMSGateway.me.
  • Data diterima Server.
  • Aplikasi mengecek server SMSGateway.me untuk mendapatkan antrian SMS.
  • Jika ada antrian, aplikasi mengirim SMS langsung melalui smartphone.

Hal yang sama juga berlaku untuk alur kerja untuk menerima SMS.

  • Aplikasi melakukan permintaaan ke server SMSGateway.me.
  • Permintaan diteruskan ke aplikasi SMSGateway.me di Android.
  • Jika ada SMS masuk, mengirimkan SMS tersebut ke server SMSGateway.me.
  • Server SMSGateway.me mengembalikan balasan berupa data SMS masuk.
ini adalah ceberapa cara untuk memulai mengirim sms gateway melalui aplikasi smsgateway.me  yaitu:

Mempersiapkan SMS Gateway
Daftar terlebih dahulu pada layanan SMSGateway.me, untuk mendapatkan email (username) dan password. Tenang, layanan ini gratis — setidaknya untuk sampai saat ini — .
Instal aplikasi SMSGateway.me pada smartphone Android yang ingin digunakan sebagai SMS server. Setelah aplikasi diinstal, login ke aplikasi SMSGateway.me di Android dengan email dan password yang sama pada saat kita mendaftar pada versi web.
Dengan login ke dalam aplikasi Android, kita akan mendaftarkan dan mendapatkan informasi baru berupa Device ID. Device ID ini nantinya akan selalu digunakan untuk autentikasi bersamaan dengan email & password pada saat mengirim SMS dari aplikasi.

Sebagai informasi tambahan, device yang didaftarkan dalam layanan bisa lebih dari satu. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menginstal aplikasi SMSGateway.me untuk Android pada smartphone yang berbeda.

demikianlah artikel referensi mengenai aplikasi sms gateway di android. semoga artikel diatas memudahkan anda mengirim sms gateway di android tanpa harus menggunakan PC,laptop dan lain lain. sekian terima kasih..

0 comments: