Cara Mengirim Notif Tagihan Melalui Sms Gateway

sms gateway
haii readers..blog saya yang selanjutnya adalah membahas tentang sms gateway. dan  cara mengirim sms notifikasi penagihan melalui sms gateway itu. mari simak penjelasannya yaa..selamat membaca,

sms gateway merupakan  sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan atau menerima sms,dan biasanya digunakan pada aplikasi bisnis,baik untuk kepentingan broadcast promosi, service informasi kepada pengguna,penyebaran content produk/jasa dan lain lain.

nah, sms gateway disini  digunakan untuk mengirim notifikasi tagihan kepada nasabah.sebenarnya masih banyak lagi kegunaan sms gateway, tapi untuk kali ini saya akan membahas tentang cara mengirim notifikasi tagihan melalui sms gateway.

kredit macet adalah sebuah momok yang menakutkan bagi bankir ataupun lembaga penyedia kredit,dan jika angka kredit macet tinggi,perusahaan akan bangkrut .kredit macet ini banyaka sebabnya diantaranya adalah dari sisi internal perusahaan/bankir.salah satu contoh usaha managemen untuk mengurangi kredit macet adalah dengan mengirim sms  notifikasi tagihan kepada nasabah.
mengingatkan tanggal jatuh tempo dan jumlah tagihan.

untuk mengirim sms notifikasi penagihan kepada nasabah diperlukan sms gateway,  tidak sembarang sms gateway tapi sms gateway yang mempunyai fitur broadcast sms dengan menyebutkan nama,nomor kontrak,jumlah tagihan dan tanggal jatuh tempo.karena agar pengiriman sms kebanyak nasabah ini tidak merepotkan admin,apalagi harus kirimsatu persatu,tentu membuat capek,cukup import data dari excel atau data nasabah yang meliputi nama,alamat ,nomor kontrak,jumlah tagihan dan tanggal jatuh tempo.

perangkat sms gateway yang digunakan untuk mengirim notif tagihan adalah:
  • komputer
  • modem sms
  • simcard 
  • software atau aplikasi sms gateway 
spek komputer yang dibutuhkan cukup core 2,RAM 1 GB, hardisk  40 GB sudah mencukupi ,dengan OS windows baik windows xp, win 7 atau win 8 bahkan win 10.
modem sms bisa mengunakan modem wavecom atau modem stik usb seperti huawei,,zte atau prolink, untuk modem ADSL,modem router, atau modem wifi tidak support untuk sms gateway.

simcard atau kartu bisa menggunakan kartu GSM baik yang pasca bayar maupun yang prabayar ,jika mau hemat gunakan kartu tri yang memiliki sms murah kesemua operator hanya Rp.30/sms.

software atau aplikasi sms gateway yang digunakan itu terserah anda aapabila ingin memilih aplikasi sms gateway gratis bisa download di play.google.com.tapi segala sesuatu yang gratis tetap ada batasan tertentu yang bisa anda dapatkan dengan versi berbayar.

demikianlah blog saya yang menjelaskan tentang cara mengirim notif tagihan melalui sms gateway. mungkin itu saja untuk blog saya kali ini semoga bermanfaat yaa untuk readers semuanya..

0 comments: